Senin, 25 Mei 2015

Tahap pembelajaran pendekatan TGT (Teams Games Tournaments)

Tahap pembelajaran pendekatan TGT (Teams Games Tournaments)
Tahap dari pembelajaran melalui penerapan TGT ini adalah sebagi berikut:
1.      Mengajar (teach)
Tahap awal di pendekatan TKT adalah menyampaikan tujuan, tugas, atau kegiatan yang harus dilakukan siswa, dan memberikan motivasi, serta menyajikan materi yang akan dipelajarai.
2.      Belajar Kelompok (team study)
Siswa bekerja dalam kelompok yang terdiri atas 5 sampai 6 orang dengan kemampuan akademik, jenis kelamin, dan ras/suku yang berbeda-beda. Guru menginformasikan materi, dan tujuan pembelajaran, selanjutnya siswa dalam kelompok berdiskusi untuk memecahkan masalah tersebut, siswa saling memberikan pendapat jawabannya dan mengoreksi jika ada anggota kelompok yang belum benar dalam menjawab.
3.      Permainan (game tournament)
Permainan diikuti oleh semua anggota kelompok dari masing–masing kelompok yang berbeda-beda. Adapun tujuan dari permainan ini adalah untuk mengetahui apakah semua anggota kelompok telah menguasai materi yang merupakan jawaban dari pertanyaan–pertanyaan yang diberikan sebelumnya yang berhubungan dengan materi yang telah didiskusikan dalam kegiatan kelompok.
4.      Penghargaan kelompok (team recognition)

Pemberian penghargaan (rewards) berdasarkan pada rata-rata poin yang diperoleh oleh kelompok dari permainan tersebut. Lembar penghargaan diberikan kepada tim yang memenuhi kategori rerata poin sebagai berikut.

Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar