Tahap
pembelajaran pendekatan TGT (Teams Games Tournaments)
Tahap dari
pembelajaran melalui penerapan TGT ini adalah sebagi berikut:
1.
Mengajar
(teach)
Tahap awal di pendekatan TKT adalah menyampaikan
tujuan, tugas, atau kegiatan yang harus dilakukan siswa, dan memberikan
motivasi, serta menyajikan materi yang akan dipelajarai.
2.
Belajar
Kelompok (team study)
Siswa bekerja dalam kelompok yang
terdiri atas 5 sampai 6 orang dengan kemampuan akademik, jenis kelamin, dan
ras/suku yang berbeda-beda. Guru menginformasikan materi, dan tujuan
pembelajaran, selanjutnya siswa dalam kelompok berdiskusi untuk memecahkan
masalah tersebut, siswa saling memberikan pendapat jawabannya dan mengoreksi
jika ada anggota kelompok yang
belum benar dalam menjawab.
3.
Permainan
(game tournament)
Permainan diikuti oleh semua anggota
kelompok dari masing–masing kelompok yang berbeda-beda. Adapun tujuan dari
permainan ini adalah untuk mengetahui apakah semua anggota kelompok telah
menguasai materi yang merupakan jawaban dari pertanyaan–pertanyaan yang
diberikan sebelumnya yang berhubungan dengan materi yang telah didiskusikan
dalam kegiatan kelompok.
4.
Penghargaan
kelompok (team recognition)
Pemberian penghargaan (rewards)
berdasarkan pada rata-rata poin yang diperoleh oleh kelompok dari permainan
tersebut. Lembar penghargaan diberikan kepada tim yang memenuhi kategori rerata
poin sebagai berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar